Home » , , , » Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone

Smartphone atau juga disebut dengan ponsel pintar selain digunakan sebagai alat komunikasi seperti telepon maupun SMS, Tetapi sekarang ini juga banyak digunakan sebagai hiburan dalam artian untuk menginstal aplikasi seperti game maupun aplikasi sosial media dan lainnya.

Tetapi perlu diketahui bahwa jika pengguna semakin banyak memasang aplikasi pada smartphone tersebut tentu saja berdampak pada kinerjanya, biasanya smartphone semakin lelet atau Lola apalagi memory bawaan smartphonenya kecil. Terus untul mengatasinya gimana? berikut beberapa cara untuk mempercapat kinerja smartphone Anda:

1. Lakukan Update firmware
Biasanya tiap produsen smartphone umumnya menyediakan satu kali update firmware dari tiap produk. Update ini akan memperbaiki beberapa lag, bug dan masalah lainnya yang mungkin tidak disadari Anda. Memperbarui firmware akan memastikan smartphone Anda berada dalam performa terbaiknya

2. Instal ulang (factory reset)
Factory reset adalah mengembalikan segala sesuatunya seperti kondisi sebelumnya, atau seperti kondisi baru. Ini merupakan pilihan paling mudah jika tidak ada data sensitif yang penting di smartphone Anda. Namun Anda bisa melakukan back-up terlebih dahulu untuk memastikan data-data tersebut tetap tersimpan aman.

3. Pindah aplikasi ukuran besar ke memory external
Kapasitas yang kecil memori internal menjadi salah satu sebab mengapa smartphone Anda menjadi lambat. Jadi biasakan menyimpan media seperti gambar, file mp3, video, aplikasi dan lainnya di memori eksternal, biasanya SD Card, jika memang dimungkinkan.

4. Pilih aplikasi dan antivirus terbaik
Pilih antivirus terbaik di smartphone Anda dan jangan pernah menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak jelas, karena bisa saja berisi malware. Untuk aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya di hapus saja karena dapat memberatkan kinerja smartphone Anda.

Jangan lupa Instal jenis aplikasi yang berguna untuk smartphone seperti task killer, start up manager, cache cleaner, dan lainnya.

5. Restart smartphone
Ketika kinerja smartphone berada pada titik maksimal dan menjadi semakin lambat, restart adalah cara termudah untuk 'menyegarkan' smartphone Anda. Jika dengan merestart smartphone masih terasa lambat, perhatikan poin-poin diatas.

6. Jangan gunakan wallpaper animasi
Wallpaper animasi ini sedikit banyak akan berpengaruh pada proses kinerjanya dan juga daya tahan baterai. Jadi pikir dahulu sebelum memasangnya

7. Hapus pesan dan email
Banyaknya pesan dan email secara tidak disadari juga merupakan sebab smartphone menjadi lambat. Jadi hapuslah pesan maupun email pada inbox anda.

8. Tutup aplikasi dan fungsi yang tidak digunakan
Jangan biasakan membuka sejumlah aplikasi dan fungsi smartphone secara bersamaan dan membiarkannya terbuka terus menerus. Hal ini bisa memenuhi proses memori Anda dan memperlambat serta mengganggu kinerja smartphone secara keseluruhan.

Periksa lewat task manager dan juga aplikasi seperti task killer

9. Lakukan Rooting atau Jailbreaking
Meskipun prosesnya cukup berisiko, namun Anda akan mendapat banyak manfaat lebih dari smartphone Anda dengan melakukannya. Rooting dan Jailbreaking akan membebaskan Anda menggunakan smartphone Anda dengan aplikasi yang lebih mumpuni, mengkustom ROM, prosesor yang bisa di overclock, dan lainnya.

NB: Dengan melakukan Rooting atau Jailbreak pada smartphone akan menghilangkan garansi dari smartphone. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan kembali melakukan unroot untuk smartphone Android.

0 comments:

Post a Comment